Jumat, 28 Maret 2014

Teknologi Game

Teknologi Game 
Dalam Bahasa Indonesia game berarti “permainan”. Permainan erat kaitannya dengan anak-anak. Game dalam komputasi lebih menampilkan kelincahan-kelincahan intelektual. Interaksi yang interaktif antara pemain dan game, merupakan daya tarik utama dari sebiah game.

 Teknologi merupakan keseluruhan barang-barang yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Jadi, Teknologi Game bisa diartikan sebagai sebuah sarana yang diwakilkan dalam bentuk hardware yang memiliki fungsi untuk mendukung berjalannya perangkat lunak diatasnya.

Game berisikan penuh macam teknik intelektual, sehingga mengakibatkan software yang terbentuk menjadi rumit. Hal ini berdampak pada tuntutan spesifikasi hardware yang tinggi. Dewasa ini, pecinta game membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk mendapat kepuasan dalam menikmati performa sebuah game. 

Hal ini memiliki pertimbangan dari beberapa aspek, anatara lain :
• Genre Game
• Tool Pembuatan
• Interface GamePlay
• Grafis dan efek suara
• Waktu Pembuatan
• Publishing

Pada era milineum game berevolusi pesat terutama dalam segi bentuk dan warna. Game-game era 90-an yang identik dengan hitam-putih dan 2 dimensi mulai ditinggalkan. Sekarang interface game semuanya berbentuk 3D, bahkan sudah menyerupai objek kehidupan nyata. 

Namun, kali ini saya mencoba untuk mengupas game sederhana yang mampu menembus batas usia dan media. Snake merupakan game yang popular pada awal 90-an. Melalui handphone Nokia, hampir semua orang pernah memainkan game ini. Bahkan di era teknologi handphone yang semakin canggih, game Snake masih bisa ditemukan.

 

Boa vs Phyton
Boa VS Python merupakan Game hasil modifikasi dari game default Snake yang ditulis dengan Strawberry Prolog. Game ini hampir sama seperti game Snake pada umumnya, dimana kita mengarahkan ular ke makanan yang diwakili dalam bentuk titik.

Game ini dibentuk untuk memenuhi syarat kelulusan dalam Praktikum Pengantar Kecerdasan Buatan. Penulis tidak secara penuh menciptakan game ini, hanya mengupas lebih dalam tentang game ini, dan sedikit modifikasi. 

Pada Boa VS Python terdapat 2 jenis karakter ular. Hal ini lah yang merupakan hasil modifikasi dan membuat game ini sedikit berbeda dengan Snake pada umumnya. Ular pertama dikendalikan oleh User/Anda, dan yang satunya oleh komputer dengan menanamkan Artificial Intelligence (AI) didalamnya.


Interface Game Boa vs Python

Kriteria Game Boa vs Python
Bahasa Pemrograman Game ini ditulis menggunakan Strawberry Prolog. Strawberry Prolog merupakan bahasa pemrograman logika atau disebut bahasa non-prosedural. Namanya diambil dari bahasa Perancis yakni programmation en logique (Pemrograman Logika). Konsep utama dari Prolog ialah pohon logika. 

Algoritma yang digunakan 
Dalam permainan ini AI menggunakan algoritma Branch and Bound, algoritma ini mendukung perhitungan untuk mencari jalan terpendek menuju umpan sementara menghindari bertubrukan dengan bagian tubuhnya atau membuat dirinya sendiri terkurung. 

Algoritma ini menggunakan pencarian solusi secara melebar atau breadth first search (BFS). Dalam algoritma BFS solusi dicari dengan membentuk pohon ruang status yang merupakan pohon dinamis. BFS mencari solusi persoalan pada pohon ruang status yang dibentuk secara dinamis. dengan cara semua simpul pada aras d dibangkitkan terlebih dahulu sebelum simpul-simpul pada aras d+1. Simpul BFS memerlukan sebuah antrian untuk menyimpan simpul-simpul yang akan dibangkitkan. Simpul-simpul yang dibangkitkan disimpan di belakang antrian. 

Fungsi Pohon Pembangkit


Interface Rules atau aturan main 
1. Menggunakan kontroler Up, Down, Right dan Left pada keyboard untuk mengendalikan karakter. 
2. Mengambil makanan yang ada pada area permainan. 
3. Menghindari batas area permainan untuk mempertahankan permainan. 
4. Jika Pemain menabrak pembatas permainan, maka game akan berhenti dan membandingkan kedua Score. Ular dengan score tertinggi akan dinyatakan sebagai pemenang. 
5. Hanya terdapat 10 buah makanan pada satu putaran Game. Saat batas buah habis, maka kedua Score akan dibandingkan. Ular dengan score tertinggi akan dinyatakan sebagai pemenang. 

Kemenangan 
Boa VS Python, memiliki tujuan untuk melakukan kompetisi dalam perebutan buah/umpan. Pergerakan yang efisien sangat menentukan waktu yang dihabiskan dalam memakan setiap umpannya. Jika Anda mampu mendapat Score 6, maka Anda sudah pasti jadi pemenangnya. Karena, hanya terdapat 10 buah umpan dalam satu putaran permainan. Interface 

I. Kemenangan yang di dapat dari Perbandingan nilai
 

 II. Kekalahan


 III. Kekalahan saat Menabrak Tembok


Kelebihan dan kekurangan Boa vs Python

Kelebihan
• Terdapat 2 ular
• Memberikan interaksi yang iteraktif
• Ada tujuan pada Game ini
• Interface yang baik

Kekurangan
• Ular tidak bisa saling memakan
• Tidak ada pertambahan level